Selasa, 02 Agustus 2016

Solusi Blackberry 9780 Stuck Dengan Factory Reset

Datang teman kerumah dengan maksud berlebaran karena memang masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri 1437H. Rupanya selain maksud bersilaturrahmi plus berlebaran, dalam hati si teman tadi punya maksud yang lain.

Setelah ngobrol sana-sini akhirnya dia meminta bantuan saya untuk memperbaiki kerusakan Smartphone BB-nya yang sudah lama tidak berfungsi dengan semestinya.
Setelah saya hidupkan ternyata BB-nya (Blackberry Bolt 9780) tidak bisa masuk ke Home Screen alias tidak bisa booting alias stuck di logo Blackberry, yang bila loading sudah 75%, akan kembali loading dari semua dan begitu seterusnya.

Wah pusing juga nih,....
Tapi saya teringat ada menyimpan kumpulan software untuk Smartphone Blackberry yang sudah lama tidak digunakan. Setelah ketemu dan menginstalnya ke komputer maka saya mulai mengutak-atiknya.

Ini Tipsnya:
Software yang dibutuhkan adalah vnbbUtils_v2.0.4.1 .
Bagi sobat yang membutuhkan software tersebut silahkan klik disini.
Setelah download dan melakukan proses instal, maka akan muncul icon pada layar desktop komputer / laptop sobat seperti pada gambar dibawah :



Buka aplikasi vnbbUtils_v2.0.4.1 yang kita instal tadi, maka tampilannya seperti gambar dibawah ini :


Lalu sambungkan smartphone ke komputer / laptop melalui kabel USB, akan tampil seperti gambar dibawah :
CTT > bila smartphone sudah terditeksi, maka  Tabulator “No Device”, “Set Time” dan “Reset Blackberry”, (warna merah angka 1, 2 dan 3) akan menampilkan data smartphone anda.


Kemudian klik “Device Software”, tampilannya seperti gambar dibawah :


Lalu klik “Factory Reset”, maka smartphone anda akan kembali ke pengaturan pabrik, dan biarkan dalam arti jangan mencabut / melepaskan kabel data yang sedang tersambung dengan komputer. Biarkan smartphone Restart dengan sendirinya.
Catatan tambahan; bahwa proses ini akan menghapus semua data dan file yang ada. Oleh karenanya disarankan agar anda memback-up data dan file-file yang menurut anda penting.

Proses akhir, smartphone anda akan loading (sebagaimana biasa muncul logo blackberry) hingga selesai dan,...masuk ke menu/home screen. Selamat.!!

Demikian, semoga bermanfaat.

1 komentar

BB gue yang jadul 9780 gegara ganti batere kena penyakit ini nih ...booting ga abis2


EmoticonEmoticon