Kamis, 04 Agustus 2016

Cara Cetak ID Card BPJS Seukuran KTP

Bermula dari pengalaman mendaftar BPJS secara Online, setelah segala sesuatunya tentang tata cara mendaftar BPJS Online selesai tuntas, plus pembayaran dan download file ID Card yang nantinya digunakan sebagai salah satu syarat administrasi untuk memperoleh layanan kesehatan dan fasilitas kesehatan, maka yang terakhir adalah mencetak  ID Card BPJS Kesehatan untuk selanjutnya di laminating dan siap digunakan bila suatu saat membutuhkannya.

Namun saat coba untuk mencetak (Printer Canon iP2770) ternyata hasilnya tidak sebagaimana yang diharapkan karena ke "gede-an". Dan jika kita mendaftar secara offline dengan mendatangi kantor BPJS, ternyata Kartu BPJS yang kita terima, disamping dicetak hanya dengan menggunakan kertas HVS, juga ukurannya besar sama seperti pada saat pertama saya mencetaknya. Setelah mengotak-atik dengan kemampuan yang ada, akhirnya saya berhasil mencetak ID Card BPJS tersebut seukuran KTP, walaupun hasil yang diperoleh tidak maksimal sebagaimana hasil kenerja para master.

Proses yang saya lakukan adalah :

1. Buka file e-ID Card BPJS yang sudah kita download, setelah terlebih dahulu menuntaskan syarat-syarat Pendaftar Online. File tersebut dalam format pdf, lalu buka dengan adobe reader. lihat gambar :


2.       Setelah terbuka klik icon print (lingkaran merah) seperti terlihat pada gambar


3.       Akan tampil seperti dibawah ini, lalu klik tabulator Properties


4.       Kemudian “Pengesetan Halaman”


5       Lanjut klik Tata Letak Halaman > OK


.Kembali ke halaman Print, pilih Custom Scale lalu ubah menjadi 130% (sesuai selera) lalu klik Print.

Hasilnya, jadilah ID Card BPJS tersebut seukuran KTP.
Demikian Cara Cetak ID Card BPJS Seukuran KTP, Semoga bermanfaat.


8 komentar


EmoticonEmoticon